Kamis, 04 November 2021

Refleksi Aksi Nyata Modul 3.3. Pengembangan Literasi dengan GERATIS (Gerakan Literasi Sains)-Devia Gustiari

 1.        Latar Belakang

Di Jaman Melenial sekarang ini gerakan membaca dan menulis sedang digalakkan oleh pemerintah melalui Program GLS atau Gerakan Literasi Sekolah yang telah di sosialisasikan di seluruh Indonesia Kemampuan Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis baik dalam arti sempit maupun luas. Gerakan literasi merupakan hal pokok utama untuk dilakukan di dunia pendidikan khususnya sekolah. Gerakan ini akan mendorong murid untuk masuk ke dunia yang penuh makna dan menjadikan dunia berada di genggaman tangannya.  Di era Digital ini kondisi murid mengalami penurunan dalam karakter yang sering disebut degradasi moral. Di zaman sekarang sangat jarang sekali murid melakukan Literasi karena sibuk dengan gadgetnya dan game online. Mereka lebih cenderung menyendiri bersama gadgetnya sehingga tidak ada sosialisasi bersama teman, keluarga dan sanak saudaranya. Dikarenakan kemampuan minat baca dan menulis murid rendah dalam hal ini saya sebagai CGP berinisiatif untuk membuat program yang berdampak pada murid khususnya di SMAN 2 Bantan dengan mengangkat sebuah program literasi yang Bernama GERATIS yakni Gerakan Literasi Sains, sehingga di harapkan dapat meningkatkan kemapuan literasi murid misalnya dalam menulis puisi atau artikel, cerpen, membaca puisi, membuat karya tulis dan menceritakan kembali isi cerita dari sebuah buku.

 

2.       Tujuan Program GERATIS

1)       Menumbuhkan minat baca murid

2)      Mengembangkan bakat murid di bidangnya masing-masing

3)      Meningkatkan kreatifitas murid dalam berkarya

4)      Mewujudkan sekolah dengan pembiasaan budaya Literasi

 

3.       Perencanaan Program

1)       Penyusunan Program Kegiatan Literasi dan koordinasi dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, rekan-rekan Guru pengurus perpustakaan dan OSIS

2)      Sosialisasi kegiatan Literasi kepada semua warga sekolah

4.      Pelaksanaan Program

Dilaksanakan pada minggu keempat bulan Oktober sampai dengan minggu ke empat bulan November sesuai dengan langkah-langkah BAGJA

 

5.       Hasil Pelaksanaan Program

1)       Pada sebagian murid sudah menunjukkan minat membacanya yang konsisten

2)      Murid sudah mengembangkan bakat dan minat di bidangnya masing-masing seperti ada yang berbakat dalam menulis artikel, berbakat dalam menulis dan baca puisi, berbakat dalam menulis cerpen dan berbakat di bidang lainnya

3)      Sudah ada peningkatan pada murid dalam berkreasi untuk menghasilkan satu karyanya

4)      Terbentuknya karakter budaya positif yaitu budaya literasi pada diri murid yang dilakukan dengan pembiasaan di sekolah

 

6.      Monitoring, Evaluasi, Learning dan Reporting

1)       Monitoring dilakukan oleh kepala Sekolah, pengurus pustaka dan Murid

2)      Evalusi dilakukan secara berkala dan menyeluruh terhadap program ini oleh Kepala Sekolah dan Guru

3)      Learning dilakukan rencana tindak lanjut dari hasil evaluasi sebagai bahan pembelajaran dan temuan untuk perbaikan praktik selanjutnya

4)      Reporting dilakukan oleh guru sebagai pembina yang membuat laporan tertulis dan lisan secara berkala kepada kepala sekolah dan orang tua murid

 

7.       Metode pengambilan Data

Untuk melihat apakah program GERATIS dapat meningkatkan minat baca murid, data yang diperoleh dapat dilakukan dengan wawancara atau observasi

 

8.      Strategi pengolahan Data

Dari Jawaban hasil Observasi dan wawancara dapat di buat suatu kesimpulan yang dapat digunakan untuk perbaikan ke depan


9.      Evaluasi Pelaksanaan Program

Faktor Pendukung:

1)       Dukungan kepala sekolah, Wakasek, Bendahara BOS, Dewan Guru, pengurus perpustakaan dan Murid

2)      Koordinasi dan kolaborasi tim yang baik

 

Faktor Penghambat

1)       Beberapa murid harus diingatkan agar melaksanakan tugasnya

 

Pembelajaran Program

  • 1)Fakta atau Fact yang paling menarik adalah murid dan guru bersama-sama mengembangkan kreatifitas dalam berkarya yang ditunjukkan pada mading sekolah.
  • 2)      Perasaan atau Feeling. murid dan guru merasa senang karena bisa mengembangkan ide-ide kreatifnya
  • 3)      Temuan atau Finding. sebagian orang tua belum dapat dilibatkan dalam pelaksanaan program karena komunikasi yang kurang efektif
  • 4)      Masa Depan atau Future.

Jika Program GERATIS berdampak signifikan terhadap murid maka diharapkan secara bertahap seluruh kelas disediakan pojok baca dan diadakan lomba Bakat murid di bidang Literasi yakni lomba menulis cerpen, puisi dan pantun pada sempena HUT PGRI.







0 komentar:

Posting Komentar

Refleksi Aksi Nyata Modul 3.3. Pengembangan Literasi dengan GERATIS (Gerakan Literasi Sains)-Devia Gustiari

  1.         Latar Belakang Di Jaman Melenial sekarang ini gerakan membaca dan menulis sedang digalakkan oleh pemerintah melalui Program G...